Islamic Widget

Jumaat, 14 Mei 2010

MISTERI – MISTERI YANG MASIH TERSIMPAN DIDALAM OTAK MANUSIA !

Banyak misteri yang telah terjadi di dalam otak kita. Banyak hal yang belum dketahui sepenuhnya mengenai bagaimana otak kita bekerja. Kalau Anda ingin mengenal otak Anda lebih jauh, berikut ini adalah delapan misteri otak yang telah terungkap.

1. Bagaimana Memori Terbentuk
Misalnya Anda bertemu teman baru. Pertama kali melihatnya, Anda langsung menyerap semua informasi yang Anda lihat: panjang rambutnya, suaranya, bau sabun yang dipakai, dsb. Ketika Anda mulai bicara padanya, hippocampus, bagian berbentuk kuda laut di cuping temporal otak Anda, telah mengubah semua stimuli eksternal itu ke memori. Semua memori potensial ini memang harus melalui ‘gerbang’ itu sebelum berakar di memori Anda.
“Hippocampus hanyalah tempat penyimpanan awal menuju ke sebuah proses yang jauh lebih kompleks. Setelah memori sudah diproses, maka akan disembunyikan ke dalam berbagai komponen sensor dan didistribusikan ke otak. Jika Anda mengingat teman baru Anda tadi atau melihat wajahnya, maka komponen-komponen tadi akan terkumpul kembali.”,

2. Efek Alkohol Pada Otak
Alkohol bisa menyebabkan amnesia sementara dengan cara mengganggu kemampuan hippocampus menciptakan memori.

3. Mengapa Anda Tidak Ingat Ketika Dilahirkan
Sesuatu yang traumatis seperti saat ketika kita dilahirkan mestinya bisa meninggalkan jejak di memori Anda. Tapi ternyata tidak. Rata-rata kita bisa mengingat paling lama di usia 5 tahun. Mengapa? Menurut sebagian ahli, ketika kita belajar bicara, kita tidak bisa lagi mengakses memori di waktu kita belum bisa bicara. Ada juga yang mengatakan bahwa di bawah usia 5, tingkat myelin kita sangat rendah. Myelin adalah saraf pelindung yang membantu konduksi signal otak. Akibatnya, memori di bawah 5 tahun tidak bertahan.

4. Siapa Lebih Unggul, Otak Atau Komputer
Persaingan terus terjadi, namun percayalah bahwa hingga kini otak Anda masih menang. Otak kita memiliki 1000- kali memori lebih banyak dari komputer tercanggih sekalipun (minimal sampai tahun 2020). Tidak seperti komputer yang menyimpan info dalam lokasi spesifik, otak manusia menyebar memori ke berbagai saraf. Karena itu kehilangan satu saraf tidak akan mempengaruhi memori secara keseluruhan.

5. Tentang Amnesia
Lupakan apa yang Anda lihat di opera sabun. Amnesia total seperti yang Anda sering lihat di serial tv sangat jarang terjadi. Jika terjadipun, itu karena trauma psikologis yang luar biasa berat, bukan karena terpukul benda keras. Terpukul benda keras bisa menyebabkan sebuah kondisi amnesia tertentu yang bisa membuat orang lupa dalam jangka waktu tertentu. Misalnya Anda berkenalan dengan orang, lalu Anda pergi. Sepuluh menit kemudian Anda datang lagi dan dia sudah melupakan Anda.
6. Mengapa Anda Ingat Cara Bersepeda
Ketika seorang anak belajar naik sepeda, dia sedang membuat dua set memori. Yang pertama yaitu memori eksplisit yang merekam hal-hal seperti warna sepeda dan senangnya bisa bersepeda tanpa ditemani. Yang satu lagi ialah implisit memori, yang merekam semua kegiatan organ tubuh atau mekanikal tubuh dalam menggayung sepeda. Ketika memori eksplisit gagal, memori implisit akan terus ada.
7. Mengapa Anda Sering Kehilangan Kunci
Tidak mungkin untuk mengingat setiap detail dari apapun yang terjadi dalam kehidupan kita. Jadi otak membuat generalisasi dari semua itu. Misalnya apel. Selain mengingat setiap apel yang kita pernah makan seumur hidup, otak menciptakan gambaran umum tentang apel: keras, enak, merah atau hijau. Hal yang sama terjadi pada kunci Anda. Misalnya Anda sudah menyimpan gambaran umum bahwa laci adalah tempat Anda menyimpan kunci. Jadi jikalau Anda menaruhnya di tempat lain, Anda bisa mengalami kesulitan karena tidak sama dengan formula di otak Anda.
8. Ketika Mulai Banyak Lupa
Pada dasarnya, penuaan adalah alasan paling umum bagi manusia untuk kehilangan memori. Anda bisa menjadi sulit menyimpan info baru seperti nama orang, misalnya. Satu-satunya cara melawan ini ialah dengan mendapat pertolongan dari penglihatan Anda. Penglihatan mempengaruhi 60% kerja otak. Jadi kalau ingin mengingat nama orang, coba mengingatnya dengan cara membayangkan wajahnya. Karena itu, sejak pertama mengenal, carilah cara menghubungkan nama dan keunikan wajah orang tersebut.

sumber : ceritakan.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts with Thumbnails

SEUNTAI MADAH

Ya Allah..

bangunkanlah kesedaran di hati hamba yang mentaatimu..

Jangan kau jadikan ungkapanku hari ini, hanya sekadar ungkapan..

Pilihlah diriku untuk berjuang bersama pejuangMu..

Jadikanlah Impianku untuk mati syahid menjadi kenyataan..

Lindungilah pemikiranku..daripada akal yang dikuasai nafsu..

Biarlah bicaraku..adalah ilham daripada-Mu..

Bantulah hamba yang lemah ini..agar ada sumbanganku untuk Islam tercinta..

Ya Rabb, padamu ku letakkan harapan..

Tutupilah hatiku dari cinta dunia..

Lindungi diriku dari tipu daya dan fitnah dunia serta nafsu amarah (halobah)

Kuatkanlah aku menempuh jalanMu yang penuh liku..

Kerana MISI hidupku ialah mencari REDHAMU..

DOA RABITAH


"Ya ALLAH, Engkau Mengetahui bahawa hati-hati ini telah berkumpul kerana mengasihiMu,

Bertemu untuk mematuhi perintahMu,

Bersatu memikul beban dakwahMu.

Hati-hati ini telah mengikat janji setia untuk mendaulat dan menyokong syariatMu.

Maka eratkanlah Ya ALLAH akan ikatannya,

Kekalkanlah kemesraan antara hati-hati ini..

Tunjukkanlah kepada hati-hati ini akan jalanMu yang sebenar...

Penuhkanlah piala hati ini..

Dengan limpahan iman, keyakinan dan keindahan tawakkal kepadaMU...

Hidup suburkanlah hati-hati ini dengan makrifat, pengetahuan sebenar tentangMu...

Jika Engkau mentakdirkan mati,

Maka matikanlah pemilik hati-hati ini

Sebagai para syuhada' dalam perjuangan agamaMu

Engkaulah sebaik-baik sandaran

Dan sebaik-baik penolong..

Ya Allah Perkenankanlah Permintaan ini..

Amin Ya Rabbal 'Alamiiin...


Text-Ads

MELODI JIWA


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com